Sunday, March 22, 2009

semoga diterima. AMIIIINNN :)

22 maret 2009


Hari ini hari kedua USM ITB DAERAH.


Tadi pagi gue dateng ke ITB jam setengah 7 lebih dikit. Barengan sama Lefi, Opick,Cungut, ama Muthi. Yaudah gue bareng aja. Gue blum pernah masuk lewat gerbang depannya ITB, dan gue ngerasa autis aja jalan sendirian, gue langsung ngejer dan langsung jalan bareng ama mereka walopun gue lebih banyak diem..


Hari pertama gue lewati dengan Alhamdulillah bisa. Psikotes aja kan soalnya. Ya emang sih ada yang ga sempet gue isi semuanya. Tapi emang gausah dipaksain. Soalnya emang waktu yang dikasih emang mepet-mepet banget.tapi Alhamdulillah semuanya hamper ¾ bagian bisa gw jawab. Yang bagian koran juga gw bisa jawab ampe ¾ bagian Koran itu. Jadi hampir penuh lah..


Hari kedua….


Gue stress pas liat soal skolastik. Urgghhh!!!! Gue emang ikutan intensif buat masuk ITB gitu. Tapi suerkewerkewer itu skolastiknya beda banget ama apa yang dikasih pas intensif. Yang pas intensif itu terlalu gampang. Pas usm? Bujugbuseeeeeeet~


Analogi, sinonim, antonym, geometri,deret matematika,logika matematika, analisis grafis, penalaran,dan lain sebagainya..


Awal-awal gue ga pusing, gue masih bisa mikir. Lama kelamaan waktunya makin mepet, tapi gue tetep berusaha santai. Terus aja kaya gitu sampe akhirnya di suatu bagian penalaran yang gue sempet mandek beberapa menit buat ngerjain 1 soal. Sampe gue lewat itu soal dan udah masuk tahap berikutnya dan gue balik lagi ke tahap sebelumnya buat ngerjain yang masih kosong. Pas bagian tes non kognitif yang kaya tes pengenalan diri sendiri itu gue lumayan cepet. Pas waktu masih nyisa 20 menit gue udah beres yang non kognitif dan gue balik lagi ngerjain yang sebelumnya. Ga ketauan pengawas, of course. Kalo ketauan mungkin gue udah didiskualifikasi. Lagian Cuma 1 2 soal lah yang gue balik lagi. Abis skolastik beres langsung digeder ama soal inggris. Gue baca petunjuknya. Ga ada nilai minus!!!! Eh tapi gatau juga, soalnya di petunjuk umumnya ga ada tulisan minusnya. Yaudah gue kerjain itu inggris dengan sangat hati-hati dan ga gegabah kaya biasanya gue kalo ngerjain inggris. Sejam beres inggris, langsung dikasih matematika dasar.


Disinilah awal penderitaan dan kepesimisan gue dimulai.


Soal pertama. Ga bikin pusing-pusing amat sih. Cuma gue ga belajar yang namanya diagram Cartesius atau apapun itu namanya. Ga ada soal LIMIT. Ga ada trigonometri yang sin cos cotangen. Emang dasar banget. Ada matrix, Cuma 1 soal. Ah ya gitulah. Over all gue Cuma bisa ngerjain kurang lebih 20 soal.


Awalnya mah ga pusing stress gimana.


Pusing stress dimulai pas gue yman ama abay. Gue iseng nanya,


G : “bay, diisi brapa madas?”
A: “kabehan da diisi”
G : “wanjeeeh bay, aing Cuma 20 soal..”
A : “lumayan gampang da matdasnya, emg maneh ga blajar gitu?”

DEGGGG~


Ga belajar? Hati-hati ya kalo ngomong.


Gue mulai mikir.


Gue Cuma jawab 20 soal. Abay 40. Didii 22. Ardi 31.


Gue 20 soal. Setengahnya yang gue kerjain sendiri. At first gue nyoba mikir ‘yang penting gue ngerjain sendiri’. Lama kelamaan gue mikir ‘berapa soal yang salah? Jadi nilai matdas gue berapa ntar? Sistem ngitungnya gimana sih???’ gue stress ampe akhirnya gue tadi nangis lagi pas gue solat ashar. Gue nangis, minta petunjuk Yang di Atas buat ini semua. Gue mohon biar gue masuk SBM. Gue pengen banget masuk situ. Ada kali ya gue nangis pas udah beres. Abis itu gue pengen nelpon si egy kan. Kangen juga gue hampir 2 hari ga ada kabar. Hahaha


Sebenernya gue nelpon pengen cerita juga sih. Pengen berbagi intinya mah. Pengen ngelepasin beban pikiran gue yang terlalu kemana-mana sampe akhirnya gue stress sendiri. Ternyata dia baru pulang futsal kan, yaudah gue tungguin ampe dia nyampe rumah. Pas dia bilang gapapa gue telpon yaudah gue telpon. Awalnya sempet speechless. ‘Gue mau ngomong apa sih? Ko jadi blank?’ . akhirnya dia nanya “kenapa?”. Baru lah gue tumpahin semuanya. Gue cerita soal abay. Gue sempet berharap sebenernya dia bakal nenangin gue. Gue butuh ditenangin. Gue lagi gabisa kena sentakan sedikitpun kalo gue lagi sensi dan nangis kaya gini. Gue piker kalo gue cerita ke dia, gue dapet pencerahan. Ternyata dia ngomong …


“ngapain kamu nangis? Udah dibilang kalo kaya gitu ga usah dibahas lagi bikin kamu pesimis ntarnya.”


Oke gue lupa kata-kata aslinya. Intinya begitu.gue ga permasalahin apa kata-katanya. Gue Cuma kurang sreg aja ama nadanya pas tadi dia ngomong gitu. Trus tiba-tiba mati dan gue sms dia. Replynyaaa gini.


“uda kamu solat aja! Minta petunjuk ama Allah, mau smp nangis darah juga gapapa yang pnting kamu ngadunya sama Allah! Kalo km ngadunya ama egy yg ada egy marah denger omongan kamu! Ditambah egy cape pisan,kirain ada apa..ya emang bodoh si nangisin kaya gitu. Kalo kamu ga keterima baru kamu nangis juga gapapa. Masa mental anak ITB kaya gini.”


DEGG~


Gue, yang lagi dalam keadaan kalut dan emosi disentak lewat sms kaya gitu. Sempet sakit hati sih gue..


Kalo gue ga mikir jernih gue bisa aja bales


“aku lagi sedih kaya gini malah kamu marahin. Mau kamu apa sih??”


Alhamdulillah gue bisa mikir jernih dan Cuma ngebales


“iya. Kamu solat juga ya. Aku mau mandi trus solat ko, maaf ya..”


Gue tau, kalo gue bales pake emosi pasti dia tambah emosi. Secara dia abis futsal yang cape

banget, kalo gue marah-marah malah makin panjang dan gue makin males buat mikirinnya.


“egy syg kamu. Maafin jg ya.. lg cape pisan trus ngedenger (calon) gw digituin ama orang.. cowo mana yg ga ngambek..”


Alhamdulillah :)


Tapi tetep sih, gue gatau kenapa masih keneh emosian.


Arrgghh sudahlah!


Gue benci sifat gue hari ini.


Betapa gue pengen diperatiin ama orang.
Betapa gue pengen dimanja ama orang.
Betapa gue pengen banget disayangin sama lo.
Betapa gue pengen menang sendiri.
Betapa gue EMOSIAN dan SENSIAN banget hari ini.

‘Sabaaaaar, Bon! Tahaaaaaaan emosiiii……….’
“SUSAAAAHHHH!!!!”
‘iya gue tau itu susah.. tapi lo harus coba buat tahan emosi ya sayang..’

(ceritanya percakapan antara gue sama malaikat di diri gue)


Emang hari ini gue ngerasa gue egois banget. Dalam segala aspek kehidupan gue hari ini. Balik USM gue ama keluarga bahagia gue pergi makan ke Stone CafĂ©. Gue bilang ama papa mau makan steak ama zuppa-zuppa. Gue kelaperan. Gue capek sebenernya hari ini. Gue butuh tidur panjang. Nyampe di Stone langsung order dan gue makan lumayan banyak,tapi ternyata steak gue ga abis. Kebanyakan….


Banyak deh sikap gue yang egois hari ini.


Cuma ya itu. Yang bikin rada “nasteung” itu ya pas yman ama abay..


Cuma yaudahlah. Mungkin emang guenya yang kurang belajar. Atau gue salah belajar? Gue juga gatau persis. Sekarang gue Cuma bisa berdoa semoga gue diterima di SBM ITB.

Amiiiinnn……………

1 comment:

DIAN PUTRI said...

aduh yaaa itb itb.. ckckck
mudah-mudahan kita diterima ya bon!
AMIIIIIIIIIIIN!
banyak berdoa aja deh skrg mah hehe